Selasa, 26 Februari 2013

CARA MEMBACA YANG BAIK

Membaca ? Banyak orang gemar membaca. Tapi, apakah cara mereka sudah benar ? Oleh karena itu, saya menulis artikel ini yang bertopik “ Cara Membaca Yang Baik ”, yang saya dapat dari beragam sumber secara, lisan, maupun tidak lisan.  Berikut ini adalah cara-cara membaca yang baik.

 1. Pastikan posisi membaca anda benar. Jarak buku bacaan dengan mata kita kurang lebih 30 cm.
 2. Konsentrasi .Kebanyakan kita menganggap bahwa konsentrasi adalah pekerjaan berat dan sangat sulit dilakukan. Kita memiliki suatu keyakinan bahwa hal tersebut susah untuk dilakukan. Padahal kalau kita menyenangi sesuatu, katakanlah menonton konser musik band favorit kita atau film di bioskop, maka kita akan dapat berkonsentrasi menikmati pertunjukan yang berlangsung lebih dari dua jam. Kita ternyata dapat berkonsentrasi cukup lama jika kita melakukan sesuatu yang kita senangi. Inilah pola pikir pertama yang harus kita kembangkan untuk belajar berkonsentrasi.

 3. Berikan coretan atau tulisan di bagian-bagian buku yang kosong.Jika anda menulisnya di kertas, maka kertas itu bisa hilang. Jika anda menulis di buku yang anda baca, maka tulisan anda akan terekam seterusnya. Benak akan mencatatnya dalam-dalam, karena sesuatu yang anda tulis akan diperlakukan oleh otak bawah sadar sebagai “penting” atau perintah untuk memperhatikan hal yang anda tulis. Itulah kenapa, jika anda terus mengulang-ulang menulis: “Aku Cinta Padamu” lama-lama anda tidak bisa tidak akan mencintai diri sendiri dan dunia.

 4. Catatlah coret-coretan anda di buku anda. Hal ini bertujuan agar setiap anda membuka buku catatan anda anda akan ingat apa yang anda baca.

 5. Baca kembali bacaan anda untuk memperkuat daya ingat anda.

Membaca memanglah mudah dan menyenangkan. Selain untuk menambah pengetahuan, membaca bisa menjadi hiburan. Di saat anda sedang bosan ataupun sedih, anda bisa membaca buku, sehingga pikiran anda kembali segar




Penulis:
Kontributor : Mohamad Safii


Sumber:
http://smpn1awn.sch.id/artikel/309-cara-membaca-yang-baik.
fiksi.kompasiana.com


0 komentar :

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar / respon anda di sini :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...