Rabu, 06 Februari 2013

Menyongsong Ujian Nasional SMP/MTs Tahun Pelajaran 2012/2013

A. Pelaksanaan Ujian Nasional
Ujian Nasional dijadwalkan sebagai berikut: (1) Ujian Nasional Utama pada tanggal 22 – 25 April 2013. (2) Ujian Nasional Susulan pada tanggal 29 April – 2 Mei 2013.

B. Latihan Ujian (Try Out)
Try Out atau Latihan Ujian dijadwalkan sebagai berikut: (1) Try out ke-1 pada hari Senin - Selasa tanggal 4 - 5 Februari 2013. (2) Try Out ke-2 tanggal 18, 19, 20, dan 21 Februari 2013. Dan Try out ke-3 pada hari Rabu - Kamis pada tanggal 6 - 7 Maret 2013.

C. Kriteria Kelulusan
Kriteria Kelulusan Ujian untuk SMP/Mts tahun pelajran 2012/2013 adalah sebagai berikut: (1) Menyelesaikan seluruh program pembelajaran; (2) Memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata yang terdiri atas: kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia; kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian; kelompok mata pelajaran estetika, dan kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga, dan kesehatan; (3) Lulus US (Ujian Sekolah) untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi; dan lulus UN (Ujian Nasional). (4) Untuk Siswa SMP telah menyelesaikan proses pembelajaran dari kelas VII sampai dengan kelas IX; (5) Memperoleh Nilai S (sekolah) dari gabungan antara nilai US (Ujian Sekolah) dan nilai rata-rata nilai raport semester 1 (satu) sampai dengan 5 (lima), dengan pembobotan 60% untuk nilai US (Ujian Sekolah) dan 40% untuk nilai rata-rata rapor. (6) Memperoleh NA (nilai akhir) yang diperoleh dari nilai gabungan antara Nilai S (sekolah) dari mata pelajaran yang diujinasionalkan dan Nilai UN (ujian nasional), dengan pembobotan 40% untuk Nilai S (sekolah) dari mata pelajaran yang diujinasionalkan dan 60% untuk Nilai UN. (7) Peserta didik SMP dinyatakan lulus apabila nilai rata-rata dari semua NA (Nilai Akhir) mencapai paling rendah 5,5 (lima koma lima) dan nilai setiap mata pelajaran paling rendah 4,0 (empat koma nol).

D. Situasi Saat Ujian Nasional
Beberapa hal yang perlu diketahui para peserta didik untuk menghadapi ujian adalah: (1) Mata Pelajaran UN meliputi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA. (2) Tiap ruang terdiri dari 20 siswa, kecuali ruang terakhir. (3) Soal UN tiap ruang ada 20 jenis soal. (4) Pengawas UN dari guru sekolah lain dan berjumlah 2 orang

E. Pedoman Menghadapi Ujian Nasional
Pedoman untuk menghadapi ujian adalah sebagai berikut: (1) Menjaga kesehatan diri dengan disiplin makan, bila jatuh sakit segera diobati. (2) Disiplin belajar di rumah, belajar bisa pagi, siang atau malam. Lebih baik bila belajar kelompok. (3) Mengurangi aktivitas keluar rumah, bermain, dan kegiatan yang kurang penting. (4) Terus semangat bersekolah dan tekun mengikuti latihan soal ujian. (5) Tiap hari berdoa dan belajar sehingga bisa mengerjakan soal ujian. (6) Mohon doa restu dari Orangtua, Guru, dan Orang yang dituakan.

Penulis : Semiyanto
Sumber :
Prosedur Operasi Standar (POS) Penyelenggaraan Ujian Nasional terbitan BSNP tahun 2013.

0 komentar :

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar / respon anda di sini :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...