Sabtu, 19 Juli 2014

ZAKAT FITRAH DI SPANA 2014


Zakat Fitrah merupakan tiga diantara program di bulan suci Romadhon, program ini sudah ada sejak berdirinya SMPN 4 Adiwerna. Zakat Fitrah dimaksudkan sebagai upaya peduli lingkungan, peduli sosial bagi masyarakat kurang mampu di lingkungan sekolah, disamping memang kewajiban seorang muslim dan muslimat untuk mengeluarkan zakat fitrah setelah berpuasa selama satu bulan.

Sasaran program Zakat Fitrah disamping melaksanakan kewajiban juga melatih siswa untuk mampu menjadi petugas zakat fitrah, sehingga kelak bisa mandiri dan aktif pada kegiatan kegiatan keagamaan yang bersifat sosial di lingkungan masyarakatnya.

Penyaluran zakat fitrah SMP Negeri 4 Adiwerna bukan hanya untuk lingkungan SMP N 4 Adiwerna saja, tapi juga meluas di lingkungan kabupaten dan kota tegal, hal ini karena bapak ibu guru juga ikut menyalurkan zakat fitrah di lingkungan tempat tinggalnya masing masing.

Untuk tahun ini ada 874 bungkus beras  yang masuk, dimana tiap bungkusnya  berisi 2,5 kg, adapun penyalurannya antara lain :

    1.       Untuk siswa yang tidak mampu dari kelas 7, 8, 9 berjumlah 200 bungkus atau 500 kg
    2.       Untuk 6 yayasan di lingkungan kabupaten dan kota Tegal, 60 bungkus atau 150 kg
    3.       Untuk masyarakat di lingkungan bapak/ibu guru 305 bungkus atau 762,5 kg
    4.       Untuk Amil/petugas zakat fitrah (OSIS) berjumlah 20 bungkus atau 50 kg
    5.       Untuk masyarakat lingkungan SMP Negeri 4 Adiwerna 270 bungkus atau 675 kg
 


Penulis    : Nur Rohmah S.Ag

0 komentar :

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar / respon anda di sini :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...