Kamis, 10 Oktober 2013

Verifikasi Data Guru DAPODIK 2013



Verifikasi Data Guru DAPODIK 2013 ~ Sebagaimana yang kita ketahui bahwa terdapat dua mekanisme verifikasi data yang telah dilakukan pemerintah selama ini yaitu verifikasi secara digital melalui aplikasi DAPODIK/PAS maupun secara manual. Dan pada tahun 2013 ini, Dirjen Dikdas telah mempersiapkan aplikasi pendataan terbaru yakni DAPODIK 2013. Pendataan secara digital pada DAPODIK ini merupakan dasar kebijakan pembayaran sertifikasi guru jenjang SD dan SMP. Pengelolaan pendataan di DAPODIK itu sendiri dilakukan oleh operator sekolah.
Pada aplikasi DAPODIK 2013 yang akan segera disosialisasikan kepada seluruh Dinas maupun Sekolah, memungkinkan guru untuk melakukan verifikasi terhadap data guru calon penerima tunjangan sertifikasi pendidik (TPP). Termasuk halaman verifikasi yang sifatnya informatif menjelaskan status kelayakan jumlah jam mengajar yang selama ini menjadi kendala. Sebab kesalahan data jumlah jam mengajar ini dapat menyebabkan pembayaran dihentikan sementara. Sebahagian guru dan operator sekolah tidak memahami data apa yang salah yang mengakibatkan status kelayakan sebagai penerima TPP terganjal.
Berdasarkan surat edaran dari Dirjen Dikdas tanggal 1 Oktober 2013 kepada seluruh kepala dinas pendidikan propinsi/kota/kabupaten tentang percepatan proses data pokok pendidikan dasar tahun pelajaran 2013/2014 disampaikan bahwa terhitung tanggal 2 Oktober 2013 lalu, seluruh operator dapodik sudah dapat mengunggah data pokok pendidikan dasar tahun pelajaran 2013/2014. Demikian juga bagi yang sudah mengunggah data ditahun sebelumnya, mulai tanggal 2 Oktober 2013 ini juga sudah dapat mengupdate data yang sudah diunggah sebelumnya. Adapun batas waktu pendataan data pokok pendidikan dasar ini adalah 30 November 2013.  Pendataan ini menjadi sangat penting karena data DAPODIK ini akan digunakan untuk perencanaan pengalokasian dan dasar penyaluran dana BOS, BSM, DAK, Rehabilitasi Sekolah, Tunjangan Guru, Bantuan Sarana Prasarana Sekolah serta bantuan program lainnya.

Untuk dapat memverifikasi data guru di DAPODIK 2013, PTK dapat mengakses halaman URL http://223.27.144.195 sehingga ditampilkan halaman login seperti gambar berikut ini :




Sebelum dapat memverifikasi data, PTK harus memasukkan nomor NUPTK yang jumlahnya 16 digit, dilanjutkan dengan memasukkan Password berupa tanggal lahir PTK dengan format YYYYMMDD, tahun 4 digit, bulan 2 digit dan hari dua digit, misalnya tanggal lahir 25 April 1958, maka password yang harus dimasukkan PTK adalah 19580425. Setelah memasukkan NUPTK dan password dengan benar, maka akan ditampilkanlah halaman verifikasi data PTK seperti gambar berikut ini :
Penyampai : Catur Dwi Waluyo,S.Pd
Sumber      : www.layananptk.net

0 komentar :

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar / respon anda di sini :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...