Kamis, 14 November 2013

PELANTIKAN CALON ANGGOTA PASKIBRA SMP NEGERI 4 ADIWERNA ANGKATAN KE-III TAHUN 2013 – 2014

Pelantikan Anggota Calon Anggota Paskibra Baru SMP Negeri 4 Adiwerna dilaksanakan Minggu, 3 November 2013. Diikuti oleh 45 Siswa dan siswi calon anggota baru yang terdiri dari kelas vii dan 45 anggota paskibra gabungan kelas 8-9. Dengan semangat merah putih, semua anggota dan calon anggota melewati pelantikan dengan lancar. Meski sempat sekitar lima menit terguyur hujan saat persiapan upacara penutupan, namun tidak mengendorkan semangat para anggota paskibra, terutama calon anggota yang baru.

           
Upacara pembukaan dibuka oleh Bapak Hermoyo,S.Pd selaku Pembina Paskibra SMP Negeri 4 Adiwerna. Dengan menyematkan tanda peserta pelantikan kepada calon anggota paskibra yang baru. Kegiatan ini rutin dilaksanakan dalam satu tahun sekali. Yang di dalamnya mencangkup beberapa kegiatan inti dari paskibra. Seperti PBB (Peraturan  Baris Berbaris), TUB (Tata Upacara Bendera), Diselingi dengan pembacaan janji-janji Anggota Paskibra. Mengasah rasa pantang menyerah dengan diadakannya halang rintang yang wajib dilewati oleh peserta pelantikan. Dan dilanjutkan dengan pos keagamaan, sebagai bentuk ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Setelah melewati berbagai pos kegiatan pelantikan, tepat pukul 14.00 wib, dilaksanakan upacara penutupan yang di dalamnya berisikan pengukuhan calon anggota Paskibra menjadi Anggota Paskibra oleh Meylinda Fitrianasari,S.Pd. Selaku Pembina Paskibra SMP Negeri 4Adiwerna.

          
  Kegiatan PASKIBRA (Pasukan Pengibar Bendera) merupakan salah satu upaya pendidikan yang mencangkup beberapa tujuan pendidikan. Seperti sikap disiplin, kesegaran jasmani dan rohani, ketrampilan memimpin dan pengembangan sikap kepemimpinan, penerapan sikap bersedia untuk dipimpin. Serta sebagai persiapan untuk upacara Bendera. Dilihat dari kemanfaatan kegiatan Paskibra dan Upacara Bendera bagi pencapaian tujuan pendidikan maka perlu dilaksanakan rutin dan dengan sebaik-baiknya disekolah.

          
  Dengan kegiatan ini diarapkan dapat mempertebal semangat kebangsaan, cinta tanah air, patriotisme, idealisme dan kecintaan terhadap sekolah seta dapat meningkatkan peran serta sebagai siswa SMPNegeri 4 Adiwerna dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Beberapa kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh semua anggota Paskibra adalah PBB dan Upacara bendera hari senin ataupun upacara bendera Hari Besar Nasional. Dengan kegiatan ini kedepan dapat membentuk karakter siswa agar mampu bertanggung jawab atas tugas dan kewajibannya.

            Semoga dengan kegiatan ini, akan dapat membentuk karakter siswa dan siswi  yang berlandskan ketakwaan dan cinta tanah air yang mampu melaksanakan tugas rutin sebagai pengibar bendera. Semoga Allah SWT, memberikan rahmat dna hidayahnya kepada kita semua, untuk dapat melaksanakan tugas mendidik generasi muda dengan sukses,demi kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.


PENULIS

Meylinda Fitrianasari,S.Pd

Sumber :
Gambar : Dok.Sekolah

1 komentar :

Hilmy Muhammad mengatakan...

: Paskibra SMA N 2 Semarang presents : LOPTASIKA V (Lomba Cipta Kreasi Paskibra 5) go follow twitternya : @LOPTASIKA_V
loptasika.esy.es/

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar / respon anda di sini :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...