Rabu, 27 November 2013

PERSAMI SPANA 2013

Upacara Pembukaan Persami SPANA 2013

Pada tanggal 9-10 November 2013 Gerakan Pramuka Pangkalan SMP Negeri 4 Adiwerna mengadakan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami). Acara tersebut diikuti oleh semua siswa kelas VII, para anggota Dewan Penggalang Spana kelas VIII dan IX, serta beberapa Pembina. Kegiatan yang merupakan salah satu agenda rutin Pramuka SPANA itu bertujuan untuk melantik siswa kelas VII menjadi anggota Penggalang Spana sekaligus menyeleksi dan mengevaluasi materi kepramukaan yang telah diajarkan oleh para Pembina selama kurun waktu ± 1 semester. Acara Persami ini berlangsung meriah dan ditunjang dengan cuaca yang bersahabat. Kegiatan diawali dengan pendirian tenda sehari sebelumnya, yaitu Jumat, 8 November 2013.

Pentas Seni

Keesokan harinya, siswa mengikuti upacara pembukaan pada pukul 13.30 WIB. Kemudian agenda sore diisi dengan berbagai macam permainan dan perlombaan yang membangkitkan semangat para peserta. Setelah itu para peserta diberi waktu untuk ISHOMA sambil menunggu persiapan malam api unggun. Tepat pukul 20.00 WIB, upacara api unggun dimulai dengan sangat khitmat. Api yang berkobar mengisyaratkan semangat para generasi muda yang pantang menyerah. Penyalaan api pun  dimeriahkan dengan pesta kembang api, dan para peserta larut dalam kemeriahan pentas seni dan berlomba-lomba untuk menampilkan yang terbaik.

Api Unggun: Simbol  Semangat Pantang Menyerah

Setelah pentas seni, para peserta masuk ke tenda masing-masing untuk mimpi indah bersama teman-teman. Dini hari pukul 02.30 WIB, diadakan kegiatan renungan di area sekolah. Dipandu oleh guru agama, Bapak Agus Kuntoro, S.Pd.I, para peserta merenungkan tentang kebaikan dan keburukan yang telah dilakukan selama ini sebagai refleksi dan evaluasi kehidupan untuk menjadi individu yang lebih baik. Setelah renungan, para peserta melaksanakan ISHOMA dan senam pagi bersama. Acara kemudian dilanjutkan dengan Wide Game dengan materi lomba sebagai berikut:

    1.    Ketrampilan Kepramukaan
a.     Pionering     : - Kaki tiga bervariasi
                        - Peserta 3 (tiga) anak
                        - Waktu 60 menit
    2.    Ketangkasan
a.     PBB              : - 10 gerak dasar
                        - 10 gerakan lanjutan
                        - 10 peserta anak, Pinru di luar barisan
                        - Luas lapangan 10 m x 10 m
b.    Kolone Tongkat      : - Peserta 9 anak, Pinru masuk barisan

    3.    Penjelajahan     : Peserta 10 anak
a.     Semaphore   : 1 (satu) anak memberikan soal, yang lain mengerjakan
b.    Morse           : Sandi rumput
c.     Menaksir Lebar
d.    Peta Panorama
e.     PPGD           : Praktik membalut patah tulang/patah kaki/patah rahang

    4.    Halang rintang : - Laki-laki : Ayunan tali
                                - Perempuan        : Meniti dua tali
                           - Peserta 10 anak

Permainan yang membutuhkan kekompakan

Kegiatan Persami ditutup dengan upacara pelantikan anggota penggalang yang bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan, yaitu 10 November. Diharapkan kegiatan Persami ini akan membawa hasil yang optimal yaitu terbentuknya pola pikir anggota Pramuka Penggalang (setelah dilantik menjadi Penggalang) yang berani, bertanggung jawab dan berdisiplin, baik di sekolah maupun dalam kehidupan bermasyarakat.

Penulis: Prabingesti Anggarsika, S.Pd.
Pembina Pramuka SPANA

0 komentar :

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar / respon anda di sini :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...