Senin, 30 Desember 2013

Refreshing dengan Wisata ke Bali

Patung Garuda di Nusa Dua Bali

Sebelum cerita perjalanan ke Bali, lebih dulu diperpenalkan arti Refresh. Kata Refresh berasal dari kata re berarti kembali dan fresh berarti segar, jadi refreshing  secara sederhana dapat kita artikan segar kembali.

Otak kita butuh penyegaran kembali (refresh) setelah sekian banyak beraktivitas untuk berfikir, tujuannya agar otak kita kembali segar  untuk menerima dan memikirkaan hal-hal yang baru. Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk membuat otak kita kembali segar.

Salah satu cara untuk menyegarkan kembali adalah dengan mengadakan perjalanan wisata. Rencana wisata keluarga disusun pada bulan Januari 2013, caranya menabung tiap bulan sebesar Rp 100.000 untuk tiap peserta. Pada bulan Oktober jumlah peserta didata ulang, dan dibentuk Panitia “Bali Mandiri”, artinya wisata ke Bali dengan biaya sendiri. Susunan Panitia terdiri dari Ketua Ibu Nurhayati, Sekretaris Bapak Fauzan, dan Bendahara Ibu Endah. Panitia bekerja sama dengan Biro Wisata Grazia Tour, dengan peserta   sebanyak 50 orang, dan memerlukan sebuah Bis.  Wisata khusus untuk keluarga guru dan tata usaha di SMP Negeri 4 Adiwerna, dilaksanakan pada tanggal 21 – 26 Desember 2013.

Perjalanan Wisata ke Bali dilakukan dengan urutan sebagai berikut:
1.     Sabtu, 21 Desember 2013
Perjalanan dari Tegal dimulai pukul 20.00 WIB, diawali dengan doa yang dipimpin oleh Bp M. Usman, pada awal perjalanan peserta tour disuguhi VCD lagu-lagu, agak malam dibuat suasana sunyi dan agak gelap untuk beristirahat, dan tidak terasa sampai ke Demak sekitar pukul 24.00 WIB. Saat Bis istirahat, tempat Toilet  pertama kali diserbu peserta.

Armada Bis ke Bali

2.     Minggu, 22 Desember 2013
Perjalanan dari Demak mulai sekitar 24.00 WIB, dalam Bis peserta tidur, Bis melaju terus menuju arah Jawa Timur, sampai di Tuban sekitar pukul 05.00 WIB, disini peserta melakukan ishoma (istirahat, sholat, dan makan) sampai pukul 07.00 WIB. Selama perjalanan siang, peserta disuguhi lagu-lagu dari VCD yang disiapkan Biro Perjalanan ataupun file lagu dari peserta yang disimpan dalam flashdisk.  Kembali peserta istirahat, makan, dan sholat di Nganjuk sekitar pukul 13.00 WIB, dan di Situbondo sekitar pukul 20.00 WIB. Tentu dalam perjalanan peserta kangen mampir, lho mampir kemana ? mampir ke Mas To,  siapa Mas To?, dia adalah si Toilet, kita mampir setiap 2-3 jam perjalanan. Pada sekitar pukul 24.00 WIB perjalanan sampai di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi.

3.     Senin, 23 Desember 2013
Penyeberangan dari pelabuhan Ketapang, Banyuwangi - Jawa Timur menuju pelabuhan Gilimanuk - Bali berlangsung dari pukul 00.00 – 02.00 WIB. Perjalanan dilanjutkan menuju ke Tanah Lot, sampai ke tujuan pukul 05.00 WIB.

Penyeberangan dengan Kapal Ferry dari Ketapang menuju Gilimanuk

Di Tanah Lot peserta tiba pukul 05.00 WIB, diawali mengadakan ishoma, mampir di Pusat Belanja Kresna, dan Tempat Wisata Tanah Lot sampai pukul 09.00 WIB. Perjalanan ke Bedugul dari 09.00 – 11.00 WIB.

Foto di Tanah Lot - Bali

Tiba di Bedugul 11.00 WIB, kegiatannya meliputi ishoma, dan wisata di danau Bedugul. Disini ada Masjid dan Sekolah Madrasah. Banyak tempat bagus untuk berfotoria. Di Bedugul kegiatan sampai 13.00 WIB. Perjalanan dilanjutkan menuju lokasi belanja wisata, sampai di Joger pukul 13.30 WIB.

Sholat dulu, baru antri makan, lalu bergaya ditepai Danau Bedugul
Jogger merupakan tempat seniman kaos, baju, tas, sandal jepit, topi berkreasi dengan kata-kata unik. Peserta belanja dari 13.30 – 15.00 WIB. Perjalanan dilanjutkan ke Sangeh, sampai ditempat pukul 16.00 WIB.

Sangeh merupakan obyek wisata hutan yang dihuni banyak kera. Disinilah kita bisa berfoto ria bersama “saudara” kita, monyet. Dari sini selanjutnya kita menuju ke Sanggar Tari Barong, sampai di tempat pukul 18.00 WIB.

Rombongan pengunjung Tari Barong terdiri dari siswa SMA Negeri Balapulang dengan jumlah rombongan 6 bis, dari SMPN 4 Adiwerna 1 bis. Tarian ditampilkan dengan interaktif, caranya menyebutkan identitas kelompok pengunjung, dan menyampaikan rasa terima kasih kepada pengunjung. Tari Barong tampil menghibur karena dibawakan oleh penari profesional, Tari Barong juga lucu karena diselipi adegan jenaka si monyet dan si barong. Pertunjukkan berakhir pada pukul 19.00 WIB, dilanjutkan perjalanan ke hotel sampai pukul 21.00.

Tari Barong

Sampai di hotel penginapan kita mengadakan kegiatan ishoma dan tidur selonjor ditempat tidur. Sebab selama diperjalanan kita tidur di Bis. Banyak peserta yang tidur pulas karena kecapaian.

4.     Selasa, 24 Desember 2013
Bangun pagi, dimulai ishoma, diteruskan perjalanan wisata. Tempat pertama yang dituju adalah Pasar Sukowati, kita sampai pukul 09.00 WIB, disini peserta belanja barang souvenir berupa barang kerajinan, lukisan, dan kaos, baju, sandal jepit, topi. Kita di Sukowati sampai pukul 11.00 WIB. Perjalanan dilanjutkan menuju Tanjung Benoa, sampai di tempat pukul 12.00 WIB.

Di Tanjung Benoa kita mulai dengan ishoma,  disini merupakan tempat wisata air, peserta naik perahu yang dilengkapi kaca pada dasar perahu motor, sehingga bisa melihat ikan yang lewat. Kita diajak mengitari tanjung, dan mendarat di tempat penangkaran penyu. Ditempat ini peserta bisa berfoto bersama penyu, burung, dan ular. Kunjungan di Tanjung Benoa di akhiri pukul 14.00 WIB.

Perjalanan dari Tanjung Benoa mulai pukul 14.00 WIB menuju Dream Land Kute, kita sampai pada pukul 15.00 WIB. Dalam perjalanan kita mampir di Pusat Peribadatan Puja Mandala, di Nusa Dua, Bali. Di sini berdiri 5 Rumah Ibadah berdiri berdampingan, yaitu: Masjid Agung Ibnu Batutah, Gereja Katholik Paroki Maria Bunda Segala Bangsa, Vihara Buddha Guna, Gereja Protestan GKPB Jemaat Bukit Dua, dan Pura Jagatnatha. Di Masjid banyak umat Muslim melaksanakan sholat, sementara di Gereja Khatolik umat melakukan Kebaktian Malam Natal, dan di Gereja Kristen, umat Kristiani melakukan persiapan Kebaktian Malam Natal.

Obyek wisata Dream Land di Pantai Kute merupakan obyek wisata baru,  disini belum seramai dan sebagus pantai Kute lama. Disini bila anda mampir ke Toilet mau pipis, bayarnya Rp 3.000, untuk mandi atau bilas taripnya Rp. 10.000. Kita disini dari pukul 15.00 – 16.30 WIB. Perjalanan berukutnya menuju kompleks Garuda Wisnu Kencana, kita sampai pukul 17.30 WIB.

Kompleks Garuda Wisnu Kencana merupakan tempat wisata taman indah, patung raksasa, dan sanggar tari Ramayana. Disini kita bisa melihat patung berukuran sangat besar yang sebagian sudah jadi, yaitu kepala Garuda dan Dewa Wisnu. Habis keliling, kita menonton Sendra Tari Ramayana yang dilakukan dengan bagus. Setelah usai peserta diperbolehkan foto bersama dengan para penari. Kita di Garuda Wisnu Kencana mulai 17.30 – 20.00 WIB.

Perjalanan menuju ke hotel penginapan, dari pukul 20.00 – 22.00 WIB, dalam perjalanan kita mampir lagi di Toko Kresna. Karena hujan deras sebagian peserta tetap bertahan dalam bis.

Sampai di Hotel sekitar pukul 22.00 WIB, kita makan malam, peserta tour ada yang mandi, ada yang tidak. Selanjutnya istirahat, lalu tidur pulas sampai pagi.

5.     Rabu, 25 Desember 2013
Bangun pagi pukul 04.00 WIB, kita mandi, sholat, makan, dan persiapan pulang, ternyata banyak sekali barang bawaan, baik yang dibawa dari rumah maupun yang di beli di Bali. Kita meninggalkan hotel pada pukul 08.00 WIB.

Dalam perjalanan, kita mampir di Rumah Makan di Gilimanuk dari pukul 11.00 - 13.00 WIB. Rumah makan Madina dilengkapi dengan taman yang asri, letaknya di pantai berbatu yang indah, disini ada restoran, warung belanja, museum Ogoh-ogoh, mushola, dan gereja. Dalam mushola umat muslim sholat berjamaah, dan disebelahnya ada ruangan untuk gereja, saat itu umat kristiani sedang melangsungkan kebaktian natal.

Di Pantai, Museum Ogoh-ogoh, dan Taman Rumah Makan Madina Gilimanuk

Perjalanan dari Gilimanuk pukul 13.00 WIB, kita menuju pelabuhan  dan sampai ditempat pada pukul 14.00 WIB, diteruskan menyeberang menuju Ketapang dengan kapal Ferry, sampai di pelabuhan Ketapang pukul 15.00 WIB. Bebeda dengan perjalanan berangkat, saat keluar dari Kapal Ferry kita  berada dalam Bis.

Penyeberangan dengan Kapal Ferry dari Gilimanuk menuju Ketapang

Dari pelabuhan Ketapang pukul 15.00 WIB, sampai di Situbondo pada pukul 18.30 WIB, kita turun untuk ishoma sampai pukul 20.00 WIB. Selanjutnya tidur dalam Bis.

6.     Kamis, 26 Desember 2013

Perjalanan dari Jawa Timur menuju Jawa Tengah, sampai di Demak pukul 04.00 WIB, kita mampir ke masjid untuk mandi dan sholat sampai pukul 05.00 WIB. Makan pagi sekitar pukul 08.00 WIB, mampir di Rumah Makan masih di daerah Demak. Selesai sarapan diteruskan perjalanan pulang, dan sampai kembali ke Tegal sekitar pukul 13.00 WIB.