Jumat, 25 April 2014

SOLO YANG PENUH KENANGAN



Tanggal 14 April 2014 merupakan hari istimewa untuk personil hadroh spana, karena setelah dinyatakan juara tingkat 1 kabupaten Tegal pada FL2SN  ( festifal lomba seni siswa nasional) yang di selenggarakan  Dinas Dikpora Kab Tegal bertempat di SMP Negeri 1 Adiwerna, maka berhak mewakili kabupaten Tegal di tingkat propinsi Jawa Tengah, kali ini grup hadroh tidak tampil seperti biasa, artinya yang di tampilkan adalah seni/musik tradisional jawa tengah.


Kami meluncur dari SMP N 4 Adiwerna pukul 7 setelah berpamitan dengan bapak Semiyanto S.Pd selaku kepala sekolah, dalam pesan singkatnya bpk kepala sekolah menyatakan tidak harus menang, tapi bagaimana bisa tampil di tingkat jawa tengah saja merupakan prestasi yang bagus, apalagi juara.

Dari Kabupaten Tegal ada 35 orang peserta dengan mengendarai 4 mobil, tepat jam 7 pagi mobil meluncur menuju donohudan boyolali alias asrama haji Jawa Tengah. Sebelum sampai lokasi di perkirakan jam 13.30 mobil berhenti untuk ishoma ( istirahat,solat dan makan siang).
Kira2 pukul 14.00 sampailah peserta FLS2N dari SMP Negeri 4 Adiwerna tiba di Asrama Haji Donohudan Boyolali Jawa Tengah. Sambil menahan keletihan perjalanan, para peserta daftar ulang dengan mengisi biodata peserta yang di bubuhi foto 3x4 sebanyak 2 lembar.Setelah daftar ulang para peserta langsung mengetahui nomor urut penampilannya, dan saat itu mendapat urutan 34 dari 35 peserta se Jawa Tengah.


Acara di lanjut dengan pencarian nomor kamar tuk penginapan, dan cukup menguras tenaga juga karena banyaknya kamar dan  gedung bertingkat 5, bagi pengunjung pertama sering bingung alias keder. Alhamdulilah kami beserta peserta sudah menemukan kamar tempat beristirahat.
Untuk peserta putri bergabung dengan peserta putri dari SMP lain, begitu pula peserta putra, untuk kabupaten Tegal menjatah jatah 4 kamar di lantai 2 dengan kode E 8,7,6,5.
Pukul 19.00 acara makan malam bagi peserta yang di lanjut dengan sholat Isya, para peserta makan dengan model prasmanan sesuai selera yang di minati. Setelah Ishoma di lanjut dengan istirahat, tetapi para peserta memanfaatkan dengan berkenalan dan latihan  agar penampilan bisa maksimal.

Pukul 22.00 semua peserta tidur dengan mimpi indah,karena tempat di asrama haji mereka banyak yang bermimpi besok akan dibawa kapal terbang tuk ke Mekah, he…..he
Jam 04.00 pagi para peserta dah bangun siap siap mengikuti acara festifal seni, ada juga yang harus merias pukul 2 malam bagi mereka yang mendapat urutan 1, beruntung bagi kita dari SMP N 4 Adiwerna, dengan modal alat musik yang sangat dan super sederhana mendapat urutan 34, sehingga bisa nyantai dulu dan melihat teman2  menunjukkan kebolehannya.


Tepat pukul 17.30 musik tradisional dari SMP N 4 mendapat giliran untuk menunjukkan kebolehannya, panggung penampilan musik tradisional berada di halaman asrama, hal ini dikarenakan tuk mata lomba ini memakan tempat yang cukup luas terutama alat musiknya, disamping memang alat alatnya berat, kalau harus di lantai 2 atau di dalam asrama sangatlah tidak mungkin.

Mata lomba ini penilaiannya lebih pada ciri khas ke jawa annya, salah satunya gending jawanya yg tidak boleh di lupakan. Kami menyadari terutama dari kabupaten Tegal dengan peralatan yg terbatas berusaha menampilkan seoptimal mungkin, meskipun masih  jauh dari harapan.

Penampilan musik tradisional berakhir pukul 18.00, tiap mata lomba tidak sama selesainya, tergantung materi lomba dan unsur unsur yang lain, peserta di persilahkan tuk ishoma dan  bagi yang berminat di persilahkan jalan jalan malam di sekitar asrama, karena selama dua malam kami di sana tidak ada jadwal ketat bagi peserta, lebih pada kemandirian peserta untuk mengatur kegiatannya masing masing.

Kebetulan malam rabu ada pawai motor di depan asrama karena di stadion manahan Solo baru saja pertandingan sepak bola antara solo dan magelang, sehingga hiburan gratis ada di depan asrama, lumayan gak keluar modal, he..he
Pagi hari Rabu tanggal 16 April 2014 dari pukul 09.00-12.00 wib di isi dari kwarda pramuka dengan metode permainannya, tuk pembinaan karakter bagi peserta, bertempat di aula asrama, inipun tidak wajib, karena yang kami lihat banyak peserta yang siap siap mengeluarkan barangnya ke mobil masing masing tuk good by...................
Pukul 12.30 peserta menerima sertifikat sebagai peserta FLs2N dan pengumuman bagi pemenang lomba. Bagi yang juara 1 akan di kirim di tingkat nasional yang bertempat di Semarang Jawa Tengah sekitar akhir bulan April 2014.
Untuk kabupaten Tegal dan Kota Tegal belum berhasil pada lomba di tingkat propinsi semoga di tahun mendatang bisa meraihnya,amin................
Mobil dari kabupaten Tegal meluncur pulang kira kira pukul 13.00 wib tanggal 16 April 2014, akan tetapi khusus mobil 4 dari SMPN 4 Adiwerna mampir dulu di keraton Solo, Masjid Ageng Solo dan pasar Klewer, cari seger seger dulu akh.............................sambil lihat lihat kaos, baju dan asesoris, termasuk makanan khas Solo coba kami cicipi, jangan kuatir nyicipnya bayar lho,ternyata murah murah, para peserta yang belum membuka uang saku dari ortu masing masing, disinilah mereka pada gesek tuk belanja apa apa yang mereka suka,dan  mereka pada tahu berbagai adat jawa mulai dari pernik perniknya, pakaian, asesoris dan macem macemnya, pokoknya sangat berkesan.......

Tepat pukul 16.00 kami meluncur ke Tegal , di tengah perjalanan kami mampir di pondok pesantren selamat Kendal untuk menengok salah satu saudara., keluar dari pesantren kami rombongan tidur pulas dengan di iringi lagu lagu hadroh anak anak spana, tak terasa ternyata perut tak bisa kompromi, kami berhenti di warung angkringan grinsing, cari yang murah......................tapi sedep..............

Setelah ishoma kami meluncur lagi ke Tegal Adiwerna, dan pukul 23.30 wib kami sampai di depan gerbang SMP Negeri 4 Adiwerna, Alhamdulilah kami sampai dengan selamat dan membawa kesan yang indah, dua malam di FL2SN donohudan Boyolali Jawa tengah, semoga tahun tahun mendatang spana bisa punya kesempatan lagi tuk fl2sn tingkat propinsi bahkan tingkat nasional, amin..................

Rombongan spana
     1.  Pembina terdiri dari: Nur Rohmah, S.Ag,  Agus Kuntoro, S.Ag, dan    Ayub S
    2. Group Musik Tradisional Spana terdiri dari:  Divi  (8 A),  Irhas (8 H),  Salma (7 F),  Andre (7 E),  Reza (8 D),   Aulia (8 H)

Untuk kabupaten Tegal peserta berasal dari SMP N 1 A diwerna, SMP N 1 Slawi, SMP N lebaksiu, SMPN Margasari, SMPN 2 Talang, SMP Takhasus Bulakwaru dan SMP N 4  Adiwerna


Sekian, trims


Penulis  : Nur rohmah
Gambar :  Dokumen Sekolah

0 komentar :

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar / respon anda di sini :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...